Selasa, 04 Januari 2011

"PARANORMAL ACTIVITY 2", Merekam Aktivitas Dari Dimensi Lain

Pemain: Katie Featherston, Micah SloatRating: 3 star


Sinopsis
Sejak peristiwa perampokan yang menimpa mereka, Kristi (Sprague Grayden) dan Dan Rey (Brian Boland) memutuskan memasang kamera CCTV di seluruh penjuru rumah mereka sekaligus untuk mengawasi putra mereka yang masih bayi. Tak lama berselang, beberapa kejadian aneh mulai terjadi di rumah itu. Kejadian yang sulit diterima akal sehat.
Kristi dan Dan tak percaya kalau apa yang sedang terjadi di rumah mereka adalah karena ulah makhluk halus. Justru Ali (Molly Ephraim), putri Dan, yang mulai penasaran dan mencari tahu penyebab peristiwa aneh itu. Apa yang semula hanya terasa mengganggu pelan namun pasti berubah jadi sesuatu yang mengerikan. Korban pertama adalah anjing Dan dan Kristi tapi tak lama berselang Kristi pun mulai menampakkan gejala aneh.
Saat situasi sudah mulai di luar kendali, Dan memutuskan untuk meminta bantuan pada Martine (Vivis Cortez), mantan pembantu Dan dan Kristi. Sayangnya usaha ini sepertinya sudah terlambat karena kekuatan jahat yang meliputi rumah Dan dan Kristi ternyata sudah punya rencana sendiri. Sepertinya rencana jahat ini ada sangkut pautnya dengan Hunter, putra Dan dan Kristi yang masih bayi.
Review
Bukan pertama kalinya sebuah film yang sukses dibuatkan sekuel. Rasanya semua studio pasti berharap bisa mengeruk lebih banyak dolar dengan memanfaatkan popularitas film pertama. Tak jadi masalah kalau sekuel ini layak ditonton dan sepertinya ini tidak terjadi pada PARANORMAL ACTIVITY 2. Bagian kedua yang berlaku sebagai prekuel ini gagal menyamai reputasi yang didapat PARANORMAL ACTIVITY di tahun 2007 lalu.
Mengulang sebuah konsep dengan formula yang sama memang tidak menjamin sebuah kesuksesan. Seperti juga pada bagian pertamanya, PARANORMAL ACTIVITY 2 ini memakai formula faux documentary yang biasanya cukup ampuh untuk melibatkan penonton dalam alur kisah yang sebenarnya hanyalah rekaan sang penulis naskah. Bisa jadi penonton memang sudah mulai jemu dengan trik ini. Kalau mau mundur sejenak, rasanya sudah cukup banyak film yang 'berpura-pura' menjadi film dokumenter seperti ini.
Kalau PARANORMAL ACTIVITY dulu sempat jadi film horor yang fenomenal, bagian kedua ini malah tak terlalu jauh dari beberapa film horor yang lain. Trik menggunakan kejutan-kejutan kecil sepanjang film yang biasanya memang identik dengan film horor juga digunakan di sini. Efektif? Mungkin, tapi tidak untuk jangka panjang. Di akhir film, efek kejutan kecil tadi sudah hilang meskipun ending film ini sebenarnya masih membuka kesempatan untuk sekuel berikutnya.(kpl/roc)

Dapatkan segera DVD film "PARANORMAL ACTIVITY 2" di  DREAM VISION HOME VIDEO [Sale dan Rental] yang telah tersedia...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar