Rabu, 26 Januari 2011

THE AMERICAN,' Kisah Sang Pencabut Nyawa

Judul: THE AMERICAN
Sutradara: Anton Corbijn
Skenario: Rowan Joffe berdasarkan novel A Very Private Gentleman karya Martin Booth
Pemain: George Clooney, Paolo Bonacelli, Violante Placido


DIA hidup dalam sunyi. Sendiri. Atau katakanlah, "berdua" dengan senapannya. Atau bersama salju yang menyelimuti desa-desa kecil di Italia. Kita tak tahu apakah nama dia Jake atau Edward (terserah, yang mana saja yang kita gunakan); kita tak tahu keluarganya; kita tak tahu apakah dia seorang suami atau ayah; dan kita bahkan tak tahu dia bekerja untuk siapa. Kita hanya tahu Jake alias Edward (George Clooney) adalah seorang pembunuh bayaran yang tengah beroperasi di pojok Desa Castel del Monte, Italia.

Adegan dibuka dengan Jake bersama seorang perempuan yang baru saja selesai bercinta dengan mesra. Mereka memutuskan keluar dari vila mencari sarapan menyusuri selimut salju. Tapi indra Jake segera saja menangkap kelebatan bayangan pembunuh lain. Dia segera menghindar dan dengan sigap menembak pembunuh itu. Yang mengejutkan, dia juga terpaksa membunuh perempuan yang sedang dikencaninya itu.


Dan kita segera paham. Tokoh Jake adalah seorang pembunuh bayaran yang seharusnya tak boleh memiliki ikatan emosional dengan siapa pun. Dan sejak kejadian itu, Jake mencoba meminimalisasi kontak. Hubungan seks hanya dilakukan dengan pelacur dan sesekali dia berbasa-basi dengan Pastor Benedetto (Paolo Bonacelli).


Ketika Jake mendapat tugas dari seorang perempuan Eropa untuk membunuh, dia semakin mengasingkan diri. Kita melihat sehari-hari Jake mengisinya dengan olahraga yang ketat dan mengurus senjata yang akan digunakan untuk membunuh. Malam hari dia berhubungan dengan pelacur Clara (Violante Placido), yang lama-kelamaan merebut hatinya.


Film The American yang lebih merupakan sebuah film tentang kesendirian dan kesunyian-daripada film laga dengan ritme cepat-ini digarap dengan teliti, rapi, dan visual yang mencengangkan. Lahir dari seorang sutradara yang sebelumnya dikenal sebagai seorang fotografer, tak mengherankan jika Corbijn menggunakan long shot bukan hanya karena ingin menangkap seluruh panorama, tapi sekaligus menangkap efek dramatik gerak-gerik Jake.


Ada beberapa saat ketika plot terasa menurun, karena Corbijn tampak merasa nyaman berekspresi dalam sunyi dan warna suram. Tapi Corbijn ingin mengisi sunyi itu untuk menyiapkan ketegangan baru. Setiap kali tokoh Jake bertemu dengan salah satu penduduk desa, kita lantas curiga bahwa Jake akan terkena balasan pembunuhan.


Hubungan Jake dengan Clara terlihat tulus dan sederhana. Jake membutuhkan teman dan kemesraan, bukan hanya seks. Jika dia akhirnya bercita-cita menyudahi profesinya sebagai pembunuh bayaran, itu adalah keputusan yang mengharukan.


Kali ini George Clooney tampil sebagai lelaki yang kontemplatif, dingin dalam bertindak, tapi tetap hangat dan penuh keinginan di tempat tidur. Corbijn sengaja mencurahkan warna merah saat Jake bercinta dengan Clara, seolah dia tengah berenang di dalam kolam darah. Dan kita segera mengetahui Corbijn sudah menyiapkan akhir yang tragis.


Film The American adalah film tentang sang pembunuh bayaran yang sama sekali tak menyorot pembunuhan itu sebagai plot utama. Kita berhadapan dengan seorang pembunuh yang kembali ingin menjadi manusia, dan ingin mencoba merasakan cinta. Clooney tampil dengan terampil dan tertata. Dialah orang Amerika di tengah tanah asing yang mencoba menjadi lelaki biasa. 

 
(Dari Majalah TEMPO Edisi 10 Januari 2011)





Dapatkan segera DVD film " THE AMERICAN " di  DREAM VISION HOME VIDEO [Sale dan Rental]


Yuk nonton Trailernya...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar